nusakini.com-Jakarta-Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta menyerahkan tujuh ekor sapi kurban kepada Lembaga Zakat Infaq Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) dan Muhammadiyah Pusat menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah. 

Kabag Mental dan Spiritual Biro Dikmental DKI Jakarta, Aceng Zaeni mengatakan, hewan kurban yang diserahkan hari ini merupakan bantuan rutin dari Pemprov DKI Jakarta setiap tahun.

"Satu ekor sapi kita serahkan ke Lazismu dan enam ekor sapi ke Muhammadiyah. Untuk pembagiannya nanti dikoordinasikan dengan Baznas Bazis DKI Jakarta," ujarnya di Kantor Muhammadiyah Pusat, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (28/7). 

Di tempat yang sama, Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta, Ahmad Luthfi Fathullah menjelaskan, pembagian hewan kurban ini akan dibagi dua untuk kawasan zona hijau dan zona merah COVID-19 di Ibu Kota. 

Ia mengutarakan, untuk zona hijau, hewan kurban ini akan dipotong di Jawa Timur lalu dikembalikan ke Jakarta dalam bentuk daging olahan. 

"Sementara untuk zona merah, pemotongan akan dilaksanakan di Perumda Dharma Jaya dan dikembalikan dalam bentuk makanan siap saji dengan melibatkan para UKM binaan," sambungnya. 

Ahmad menambahkan, pelibatan UKM binaan dalam pendistribusian daging kurban ini untuk menggerakan roda perekonomian warga di tengah pandemi. 

"Semoga perayaan Hari Raya Idul Adha tahun ini bisa memberikan dampak positif bagi warga Jakarta," tandasnya.(p/ab)